Friday, March 23, 2012

transisi ema ke babeh


nongkrong, bolos, dan menipu orang tua atau orang sunda bilang UNICO(usaha nipu kOlot) adalah rangkaian rutinitas anak anak sekolah yang memiliki relevansi hususnya siswa dan siswi yang aga kacau pemikiran nya, begitu pula dengan diriku aku hanya abg yang labil ber flat label pelajar mungkin 60%-70% di setiap sekolah ketiga 3 rutinitas negativ tadi pernah di lakukan semua siswa, dan lebih parah nya lagi sekolah ku adalah sekolah baru berdiri dan swasta otomatis 80% di isi oleh orang orang yang kacau atau nilai ijazah dan NEM nya rendah, mereka adalah orang orang yang tidak lulus ke sekolah unggulan favorit atau karena hal hal terdesak dan darurat seperti terpaksa masuk ke sesini..!

pertama kali ku masuk ke sini aku kenal beberapa tokoh pelaku penyimpangan sekolah contoh kasus merokok pada jam pelajaran atau memakai seragam sekolah merokok. oh iya aku belum bilang aku herdiansah alias dian alias ucink chaos bin ade sunandar, alias apa aja kalian yang kenal memanggil, bodo amat kalian manggil yang penting kalian tidak munafik di belakang ku adalah seorang perokok berat sampe berat rokoknya 5 kilo hahahah. gax gitu jga kaliii. nama asli ku boleh kalian ganti tapi nama BIN ADE SUNANDAR jangan kalian ganti, kalau ganti urusan ama gua repot. itu nama babeh gw. awas lu ganti ganti nama Babeh gw urusan nya Bata merah, ##opss kecoplosan.... sedikit bocoran aja bata merah pernah bikin bocor pala ade kelas gw yang muna, tapi ntar aja gw cerita, ini urusan perasaan.
ups curcol galau dah. bukan nya tadi gw mau perkenalkan tokoh tokoh penyimpangan sekolah yang suka nyimpang di warung warung rokok pojok pada jam pelajaran.
pada waktu itu dan kita baru 3 hari masuk sekolah, masih dalam masa orientasi. tapi hal layaknya manusia biasa yang di kelilingi setan dan tuntutan zat adictif rokok. inisiatif muncul dari Emon tokoh yang pernah saya ceritakan pada tulisan kemaren formalitas yang di formalin tokoh yang lucu kaya dora emon ni memang aga sedikit kacau diantara yang lain tapi masih kacauan gua. kalau gua kacau nya di muka aga abstrak. "cing istirahat kita musti nyari warung ema kenot cianjur" saut emon dengan kode ema kenot sebagai warung camp tempat bolos dan merokok.
"tenang mon, ajak awab dan ebet ntar" jawab ku dalam bising pidato kaka kelas di tengah riak kelas saat mos.
waktu menunjukan pukul 10 lebih 2. riang protes dan muka penuh lusuh kaya anak minta jajan pada emaknya di tunjukan peserta mos saat itu, ingin segera keluar dari ruangan yang panas nya minta ampun. akhirnya panitia mos menyuruh istirahat juga pada pukul 10.15 wib. berjalan ku berempat menuju kantin dekat gerbang sekolah dengan ke 3 sahabat baru ebet, awab dan emon.
"wab, ayo ikut " ajak ku.
"kemana cink ??"tanya nya
"ikutalh ayoo banyak tanya !!!" sela emon sebelum ku jawab tanya awab
kita berempat langsung keluar, ebet yang pendiam dan pemalu plus jaim ala arab. ikut aja kalau awab ikut. awab dan ebet ada 2 sekawan dari smp yang sama smp muhamadiyah. mereka berdua masuk ke smk muhamadiyah ini karena memilik rasa memliki terhadap organisasi islam yang cukup besar di indonesia ini. mereka lahir di tengah tengah keluarga muhamadiyah, jadi ayah dan ibunya selalu mengarahkan mereka di muhamdiyah. berbeda denganku yang belum kenal muhamadiyah. awab adalah anak ke 2 dari 4 bersaudara di orang nya aga pendek muka putih tapi sayang mukanya banyak corak merah hitam bekas jerawat mungkin orang nya aga jorok, berbeda dengan ebet orang nya tinggi dan mukanya putih hidung mancung kaya idung pinokio tapi jarang bohong, banyak wanita terpikat padanya sayang dianya pemalu.
setelah keluar dari gerbang kita mulai kebingungan cari arah melacak warung strategis untuk merokok dengan kriteria warung :
1.dekat dengan sekolah jadi kita bisa dengan mudah dan tidak membuang waktu jam istirhat untuk pergi ke tkp
2.warung yang jauh dari keramaian soalnya kita membawa label dan bet sekolah
3.harga rokok murah plus makanan ringan yang kumplit dan minuman kopi atau sirop murah
4.terserah anda mau nambahin warung kya gmana?? mau ada ac ny, ada playstation ada kolam renang nya cari aja, kalau ada point ke 4 adalah point extra warung buat bengal
di saat keluar gerbang sistem kritis dan analis otak kita mulai di pakai, kalau ambil ke arah kiri warung kita tuju berarti ada di daerah dekat rumah sakit sayang di sana sudah banyak orang atau kk kelas yang kelakuan nya seperti kita kita, kalau ke kanan tampak hanya arah pemukiman penduduk yang sepi. tapi dengan intuisi ku ku pimpin temanku bertiga mencari TKP nya ke arah kanan. tak jauh dari situ kita memasuki gang pertama, tertempel di pelang gapuranya "gang cabe rawit III"
masuki 10 langkah dari sana kita masuk dan musti memilih lagi ke dalam gang 2 arah kiri dan kanan. tanpa ragu ku ikuti intuisi ku ke arah kanan karena arah nya aga gelap dan jarang masuk orang 5 langkah dari situ ada pertigaan dan akhirny setitik cahaya terang mulai terlihat gantungan jajanan mulai terlihat dan aku mulai mendekat dan beristirahat dan bersiskusi kecil kepada 3 teman ku. "di sini wab, mon kita stanby, kenot ke 2 ni mantap" tanya ku pada mereka
"mantap lumayan, ada teh sisri nya jga"jawab emon memperkuat pilihan bahwa ini tempat yang enak buat merokok. awab dan ebet diam, pesenku 4 batang rokok harga murah sesuai kapasitas kemampuan saku pelajar apalagi uang jajanku hanya 2ribu rupiah, pintar pintar ku mengatur duit. buat jajan antara menahan lapar atau menahan candu rokok di otaku. tentunya ke 4 rokok tadi semua di bayar dengan patungan atau masing masing dengan perhitungan 1 orang wajib bayar 1 batang rokok.
diambil lah rokok itu oleh si pemilik warung di seorang wanita separuh baya. dan memberikan nya pada kami. ku bakar rokok pertama kali, dan beberapa saat kemudian muncul sosok lelaki paruhbaya perawakannya tinggi kepala pelontos dan berjanggut tipis memakai celana kolor pendek. tajam matanya menyorot ke arah kami berempat dan mulai melempar tanya untuk membuka dialog
"sekolah di mana kalian" tanya nya
"jawabku islamic" jawabku
"kelas berapa???"melempar tanya kembali
"kelas satu" jawabku kembali karena ke 3 temanku diam. tak mau jawab
"ooh.., baru masuk. " dengan logat panjang nya dengan mulut aga menganga
"ia, beh" jawabku sambil menambah beh yang di ambil dari kata babeh. sapaan ala orang terminal terhadap orang tua,
"kalau istirahat tak apa kalian merokok di sini," suruh ia agar kami kembali lagi esok.
"siap beh" mulai ku dengar suara emon yang tadi diam tak mau jawab
nah mulai saat itu nama babeh mulai di anugrahkan pada si pemilik warung tadi, selidik punya selidik babeh ini orang ny asik banget dia walaupun tua jiwa nya muda. lelaki yang mempunyai 4 istri ini aga gila otaknya kali yee, 3 istri nya suruh ke arab di duduk tumpang manis membuka warung rokok dan warung nasi bersama satu istrinya yang lain. orang seperti ini banyak pengalaman nakal nya mungkin, tapi pertama kali kita bertemu tak bnyak kita berdialog karena maklum masih canggung
lama waktu tak terasa sambil menghisap asap rokok canda tawa hiasi obrolan 4 remaja bobrog yang belum kerja sudah jadi pecandu rokok. tapi kami rela menahan lapar demi merokok. pukul 10.45 WIB kita sudah mesti kembali ke kelas ikuti mos kami yang belum usai, ajak ebet sambil melihat jam tangan berdiri dengan kuntung di tangan "wab ayo masuk" ajaknya kembali ke sekolah. "ayoo " jawab awab.
dan kita semua berdiri sambil satu persatu membuang kuntung rokok. dan pergi kembali ke sekolah.
dan mengikuti mos kembali.
hal hal seperti yang kami lakukan adalah hal yang sangat lazim, hati kadang nyesel lakuin hal hal kaya gini tapi apa daya ini adalah salah satu kegiatan yang membentuk diri tapi moga pelajar pelajar jaman sekarang lebih baik dari pada diriku. moga generasi penerus bangsa pintar dalam mengkonsumsi jangan bodoh membeli barang. karena pembeli yang paling bodoh adalah pembeli rokok buktinya di cangkang rokok ada peringatan gax bisa baca apa...!
"PERINGATAN PEMERINTAH: MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN"
tapi yang bodoh nya lagi kok pemerintah yang kata nya pintar s1, s2. s3, sampai s tak terhingga. gelar nya doctor, menteri atau manteri. kok tetap aja memperbolehkan rokok di jual, yang muna nya lagi pajak rokok nya di ambil.miras jga gax rokok doank. haram tapi masih aja banyak yang jual.
satu lagi kondom dan HIV. kok bargon nya gunakan pengaman dalam berhubungan intim
aneh ya negara yang mayoritas seolah mnyuruh buat sex bebas tapi dengan sarat pake kondom. bukan nya mengharamkan sex bebas nya tapi haramin gax pake kondomnya, sinting.
tapi inilah pembodohan. yang pintar membodohi yang bodoh di abadikan.anak sekolah tau nya sekolah tapi tak tau buat apa sekolah, pinternya merokok, di rokok dan pinter pake kondom.  tapi gax apa apa lah kalau udah kejadian asal jangan di lakuin lagi biarkan masa lalu jadi kontrol lu .namanya jga pelajar ya belajar buat lebih baik, asal ntar jadi pemimpin gax bobrog. nyook belajar yang positif sekian dulu cerita sekolahbabeh nak.. gua lupa ni cerita bobrog sekolah gua..! :D

0 komentar:

Post a Comment